Skip to main content

Jadwal Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

Jadwal Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)
Adapun jadwal pemberian makanan anak dibawah usia di bawah 1 tahun (bayi) umumnya tergolong sering, yaitu setiap 3 jam. Sebagai contoh menunya adalah sebagai berikut :
  1. Air susu ibu (ASI) diberikan sebanyak 4 hingga 5 kali.
  2. Pukul 9-10 pagi berikan bubur susu atau jus buah.
  3. Siang hari berikan nasi lembek (contoh: nasi tim saring).
  4. Sore hari berikan jus buah atau bubur susu atau makanan lumat lainnya.

Anak bayi juga terkadang bisa terbangun lebih cepat, atau bangun tiba-tiba tengah malam padahal sebelumnya ia tertidur lelap, dan terakhir sang bayi biasanya juga mulai mengunyah tangan, jempol atau pun memasukkan barang mainan yang ada di sekitarnya. Ini yang dalam dunia kesehatan adalah sang bayi memasuki fase oral pertamanya.

Makanan pendamping ASI atau MP-ASI ini adalah merupakan sebuah proses transisi perubahan dari bahan asupan kepada bayi yang semula hanya Air Susu Ibu menuju ke makanan ataupun minuman yang semi padat yang nantinya pada proses selanjutnya akan bertambah ke makanan yang padat. Dan makanan pengganti ASI dalam taraf pengenalan ini tetap harus mengacu kepada pertambahan umur bayi.

Pengenalan serta juga metode cara serta pemberian makanan pendamping ASI harus dilakukan secara bertahap baik itu dilihat dari segi bentuk maupun jumlahnya (kualitas dan kuantitas). Hal ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan pencernaan bayi atau anak yang bersangkutan.

Jadwal Pemberian MP-ASI
Jadwal Pemberian MP-ASI

Pemberian makanan tambahan selain ASI yang cukup dalam hal kualitas dan juga kuantitasnya sangat penting dalam mendukung proses pertumbuhan fisik dan juga perkembangan kecerdasan anak yang bertambah pesat pada periode-periode tersebut dan seterusnya.

Ada beberapa jenis contoh makanan pendamping ASI yang bisa di berikan kepada buah hati kita tercinta. Beberapa diantaranya yaitu:
  1. Bubur bayi. Ketika pertama kali memberikan makanan pengganti ASI atau MP-ASI jenis ini disarankan bubur bayi yang terbuat dari makanan jenis beras atau sereal. Misalnya bubur oatmeal yang kaya akan serat, vitamin, mineral dan sangat baik untuk kesehatan bayi.
  2. Bubur Susu. Makanan pendamping bayi pada periode selanjutnya bisa ditambah dengan memasukkan makanan yang mengandung karbohidrat kemudian dicampur dengan susu. Bubur susu ini bisa di tambahkan ubi, jagung atau kentang. Selain itu, pada tahap selanjutnya, mulailah memasukkan sayuran maupun buah dan ini diberikan secara bertahap pula.
  3. Biskuit Bayi. Pada umumnya bayi usia 7 bulan sudah bisa memegang dan memakan sendiri biskuit. Biskuit bayi ini akan bisa membuat bayi untuk belajar engunyah serta mengemut. Selain itu juga dapat membantu dalam proses pertumbuhan gigi bayi tersebut.
-->